DINAS KESEHATAN

Pemerintah Kabupaten Mukomuko

Tugas dan Fungsi

Diperbarui 20 Oktober 2017 04:59 WIB

Fungsi dan Tugas Berdasarkan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko (berdasarkan Peraturan Bupati Mukomuko Nomor 28 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko

 

I.          Tugas dan fungsi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko

a.  Mengkoordinasi menyusun program Dinas Kesehatan dengan mengacu pada dokumen perencanaan daerah (RPJPD, RPJMD, dan RKPD Kabupaten Mukomuko);

b.  Bertanggung jawab dalam pencapaian kinerja program Dinas Kesehatan, dengan mendistribusikan pelaksanaan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidangnya, dan memberikan bimbingan, pembinaan serta petunjuk pemecahan permasalahan;

c.  Penyelenggaraan urusan pelayanan umum dan rekomendasi dibidang kesehatan;

d.  Melaksanakan pemantauan, pengendalian, pengawasan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pada tahun yang sudah dan sedang berjalan berdasarkan rencana, realisasi dan sasaran sebagai bahan dalam penyusunan program kegiatan tahunan berikutnya;

e.  Menilai hasil kerja bawahan dengan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir;

f.   Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

g.     Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

 

II.       Sekretariat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko

 

a.  Menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan sekeretaris;

b.  Menyelenggarakan upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan urusan umum, keuangan, kepegawaian dan bina program;

c.  Menyelenggarakan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan umum, keuangan, kepegawaian dan bina program;

d.  Mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan Dinas;

e.  Mengkoordinasikan upaya pemecahan masalah Dinas;

f.   Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

g.  Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

h.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

2.1.   Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan melaksanakan tugas dan              fungsi :

 

a.  Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan Perencanaan, anggaran, perbendaharaan, pembukuan dan verifikasi;

b.  Merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan  kegiatan sub perencanaan anggaran, perbendaharaan, pembukuan dan verifikasi;

c.  Menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan perencanaan anggaran, perbendaharaan, pembukuan dan verifikasi;Memberikan pelayanan  kehumasan sesuai dengan petunjuk teknis untuk kelancaran pelaksanaan tugas

d.  Menghimpun dan menyusun bahan-bahan perencanaan program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dinas;

e.  Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data, informasi program pada Dinas Kesehatan;

f.   Menyusun rancangan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD);

g.  Menyusun Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD);

h.  Melaksanakan verifikasi harian atas penerimaan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD);

i.   Meneliti dan verifikasi kelengkapan SPP-LS pengadaan barang dan jasa yang disampaikan bendahara pengeluaran dan diketahui/disetujui oleh PPTK;

j.   Meneliti dan verifikasi kelengkapan SPP-UP, SPP-GU, SPP-TU dan SPP-LS gaji dan tunjangan PNS serta penghasilan lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diajukan oleh bendahara pengeluaran;

k.  Meneliti dan verifikasi kelengkapan SPM yang diajukan;

l.   Menyiapkan dan menerbitkan SPM;

m.Membuat registrasi SPM dan SP2D;

n.  Menyusun laporan keuangan bulanan, triwulan, semesteran dan tahunan SKPD;

o.  Melaksanakan urusan perbendaharaan;

p.  Menyelenggarakan administrasi penggajian Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD);

q.  Menyelenggarakan dan memonitoring, evaluasi dan penyusunan laporan program dinas Kesehatan;

r.   Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancer; dan

s.     Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir

 

2.2.   Sub Bagian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian fungsi :

 

a.    Memberikan pelayanan naskah dinas, kearsipan, pengetikan, penggandaan dan pendistribusian;

b.    Memberikan pelayanan penerimaan tamu, kehumasan, protokoler, dan pelaksanaan keamanan kantor serta pelayanan kerumahtanggaanlainnya;

c.    Melayani keperluan dan kebutuhan serta perawatan ruang kerja, ruang rapat/pertemuan, kendaraan dinas, telepon dan sarana/prasarana kantor;

d.   Menyusun analisa kebutuhan pemeliharaan gedung dan sarana prasarana kantor, serta pengadaan sarana prasarana kantor dan gedung;

e.    Melaksanakan inventarisasi barang, pendistribusian, penyimpanan, perawatan dan usulan penghapusan sarana prasarana kantor;

f.     Melaksanakan pengumpulan, pengolahan data dan penyimpanan berkas-berkas kepegawaian dalam rangka pelayanan administrasi kepegawaian di lingkungan dinas Kesehatan;

g.    Melaksanakan pemprosesan kenaikan pangkat, jabatan dan menyiapkan pengusulan tunjangan;

h.   Melaksanakan fasilitasi usulan pengadaan, mutasi, kesejahteraan pegawai, cuti, penilaian, pemberian penghargaan, pemberian sanksi/hukuman, pemberhentian/pensiun serta pendidikan dan pelatihan pegawai;

i.      Melaksanakan fasilitasi pembinaan pegawai, penyusunan informasi jabatan dan beban kerja;

j.      Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

k.    Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

l.      Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

 

III.     Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas)

 

a)  Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksakan pemecahan masalah serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan Kesehatan Keluarga, Gizi, Promosi Kesehatan, pemberdayaan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga;

b)  Merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan Kesehatan Keluarga, Gizi, Promosi Kesehatan, pemberdayaan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga;

c)  Merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi program Kesehatan Keluarga, Gizi, Promosi Kesehatan, pemberdayaan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga;

d)  Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

e)  Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

f)   Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

3.1.   Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat

 

a.  Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan masalah serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan Kesehatan Keluarga;

b.  Menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan Kesehatan Keluarga;

c.  Menyiapkan bahan untuk perbaikan kesehatan keluarga;

d.  Melaksanakan pembinaan kesehatan anak sejak usia perinatal, bayi dan usia prasekolah dan usia sekolah;

e.  Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksakan  pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan Gizi;

f.   Menyiapkan bahan untuk perbaikan gizi masyarakat;

g.  Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

h.  Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

i.   Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

3.2.   Seksi Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan

 

a.  Menyelenggarakan pengumpulan data, permasalahan dan kebijakan teknis yang berkaitan dengan urusan pengolahan, penyebarluasan informasi, PSM serta pengembangan upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKMB);

b.  Menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan Promosi kesehatan dan Peran Serta Masyarakat;

c.  Melaksanakan advokasi dengan lintas sektor dan lain-lain;

d.  Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

e.  Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

f.   Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

3.3.   Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga

 

a.  Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksakan pemecahan masalah serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan Kesehatan Lingkungan;

b.  Merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga;

c.  Menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan Kesehatan Lingkungan;

d.  Menyiapkan dan melaksanakan perencanaan program penyehatan lingkungan pemukiman tempat umum dan industri, upaya kesehatan dan keselamatan kerja, penyehatan tempat pengolahan dan penjualan makanan/minuman dan pengawasan kualitas air, sertifikasi tempat pengolahan dan penjualan makanan/minuman serta pengolahan air;

e.  Melaksanakan bimbingan dan pembinaan terhadap pelaksanaan program penyehatan lingkungan pemukiman tempat umum dan industri, upaya kesehatan dan keselamatan kerja, penyehatan tempat pengolahan dan penjualan makanan/minuman dan pengawasan kualitas air, sertifikasi, tempat pengolahan dan penjualan  makanan/minuman serta pengolahan air;

f.   Melaksanakan pencatatan dan pelaporan program penyehatan lingkungan pemukiman tempat umum dan industri, upaya kesehatan dan keselamatan kerja, penyehatan tempat pengolahan dan penjualan makanan/minuman dan pengawasan kualitas air, sertifikasi, tempat pengolahan dan penjualan  makanan/minuman serta pengolahan air;

g.  Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

h.  Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

i.   Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

IV.      Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

 

a.  Menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahan, peraturan perundang-undangan dan kebijakan teknis yang berkaitan dengan urusan saran bidang pemberantasan penyakit;

b.  Menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang Pemberantasan Penyakit;

c.  Menyiapkan dan melaksanakan pengawasan dan pengendalian kegiatan pencegahan dan pemberantasan penyakit menular dan penyakit tidak menular;

d.  Membuat  perencanaan tahunan dan lima tahunan kegiatan pengendalian penyakit menular dan tidak menular, surveillance bencana dengan mengkoordinasikan surveillance kegiatan laiannya, kejadian luar biasa serta imunisasi;

e.  Melakukan Bimbingan Teknis dan supervisi pada Bidang Pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan KESWA dan surveilans dan imunisasi;

f.   Pelaksanaan koordinasi lintas sektor dan program dalam upaya pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan;

g.  Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

h.  Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

i.   Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

4.1.   Seksi Surveilans dan Imunisasi

 

a.  Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan Imunisasi dan Surveilans;

b.  Merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan seksi Imunisasi dan Surveilans;

c.  Surveilans penyakit menular, surveilans bencana dan mengkoordinasikan surveilans kesehatan lainnya, kejadian luar biasa, dan imunisasi;

d.  Pelaksanaan penyelidikan epidemiologi kejadian luar biasa dan penanggulangannya;

e.  Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan surveilans PD3I, surveilans penyakit menular, surveilans bencana dan mengkoordinasikan surveilans kesehatan lainnya, kejadian luar biasa, pencegahan penyakit dengan imunisasi;

f.   Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

g.     Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

h.  Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

4.2.   Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

 

a.  mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksakan pemecahan masalah serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan pemberantasan penyakit Menular;

b.  merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi melaporkan kegiatan seksi pemberantasan penyakit Menular;

c.  menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan pemberantasan penyakit Menular;

d.  melaksanakan pengumpulan bahan-bahan dalam rangka penyusunan rencana dalam program Penyakit Menular;

e.  melaksanakan bimbingan dan pembinaan terhadap pelaksanaan program pencegahan dan pemberantasan penyakit menular;

f.   melaksanakan pencatatan dan pelaporan program pencegahan dan pemberantasan penyakit menular;

g.  mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

h.  menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

i.   melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

4.3.   Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Keswa

 

a.    Menyusun dan mengkoordinasikan perencanaan tahunan dan lima tahunan upaya pengendalian penyakit tidak menular dan Kesehatan Jiwa ( KESWA );

b.    Menyelenggarakan pengamatan penyakit tidak menular dan Kesehatan Jiwa ( KESWA ) di unit pelayanan kesehatan dasar dan rujukan baik pemerintah maupun swasta;

c.    Menyusun profil dan menyebarluaskan informasi penyakit tidak menular Melaksanakan pelaporan, monitoring dan evaluasi pelaksanakan upaya pengendalian penyakit tidak menular dan Kesehatan Jiwa ( KESWA ) ditingkat kabupaten;

d.    Melaksanakan koordinasikan lintas program dan lintas sektor sesuai dengan bidang tugasnya;

e.    Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

f.     Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

g.       Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

V.       Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan

 

a.    Menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahan, peraturan perundang-undangan dan kebijakan teknis yang berkaitan dengan urusan Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan;

b.    Menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan;

c.    Menyelenggarakan upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan urusan Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan;

d.   Melakukan pengawasan dibidang farmasi dan sumber daya kesehatan dalam lingkup kabupaten mukomuko;

e.    Menyelenggarakan Registrasi dan Akreditasi dalam penyelenggaraan registrasi dan akreditasi meliputi registrasi, perizinan dan akreditasi tenaga medis, tenaga para medis dan tenaga non medis/tradsional terlatih.

f.     Melakukan Pembinaan dan Pengawasaan Pada Sarana Kesehatan tingkat Pertama dan Rujukan.

g.    Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

h.   Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

i.      Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

5.1.      Seksi Pelayanan Kesehatan

 

a.    Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksakan pemecahan masalah serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan Pelayanan Kesehatan Dasar;

b.    Merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan seksi Pelayanan Kesehatan Dasar;

c.    Menyiapkan bahan penetapan kebijakan operasional kesehatan ditingkat kabupaten sesuai kebijakan nasional dan kabupaten;

d.   Melakukan Pembinaan dan Pengawasaan Pada Sarana Kesehatan tingkat Pertama dan Rujukan.

e.    Menyiapkan bahan pengelolaan/penyelenggaraan, jaminan pemeliharaan kesehatan sesuai kondisi lokal;

f.     Menyiapkan bahan pengelolaan pelayanan kesehatan dasar;

g.    Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

h.   Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

i.      Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

5.2.      Seksi Farmasi dan Alat Kesehatan

 

a.  Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksakan pemecahan masalah serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan Farmasi, Obat Makanan dan Kosmetik;

b.  Merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi melaporkan kegiatan seksi Farmasi, Obat Makanan dan Kosmetik;

c.  Menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan Farmasi, Obat Makanan dan Kosmetik;

d.  Memantau, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan kebijakan operasional dibidang alat kesehatan;

e.  Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

f.   Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

g.  Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

5.3.      Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan

 

a.  Menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahan, peraturan perundang-undangan dan kebijakan teknis yang berkaitan dengan urusan Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan;

b.  Menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan;

c.  Menyelenggarakan upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan urusan Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan;

d.  Melakukan pengawasan dibidang farmasi dan sumber daya kesehatan dalam lingkup kabupaten mukomuko;

e.  Mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

f.   Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

g.   Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

VI.      Kelompok Jabatan Fungsional

(1)      Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian kegiatan Dinas secara profesional sesuai dengan kebutuhan.

(2)      Kelompok Jabatan Fungsional dimaksud dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Kepala OPD

Foto Kepala OPD

Bupati

DESRIANI, SH

Kepala DINAS KESEHATAN

Pencarian

Temukan Yang Anda Cari

Layanan Online

Bantuan Secara Online

Web Statistik

Jumlah Pengunjung Website

Hari ini :   65  Pengunjung
Bulan ini :   1238  Pengunjung
Tahun ini :   16709  Pengunjung
Total :   31639  Pengunjung

Link Instansi

External Link